Selasa, 12 Mei 2009

Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem
Sistem terdiri dari komponen – komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem terdiri dari system alamiah (sistem tata surya, sistem galaksi) dan sistem yang dibuat manusia (sistem penjualan, sistem akuntansi). 1.1.2 Informasi Informasi menrupakan proses lebih lanjut dari data dan memiliki nilai tambah. Dari kategorinya informasi dapat dikelompokkan menjadi : • Informasi Strategis, informasi ini digunakan untuk mengambil keputusan jangka panjang, mencakup informasi eksternal (tindakan pesaing, langganan), rencana perluasan perusahaan dan sebagainya. • Informasi Taktis, informasi ini dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka menengah seperti informasi trend penjualan yang dapat dipakai untuk menyusun rencana-rencana penjualan. • Informasi Teknis, informasi ini dibutuhkan untuk keperluan operasional sehari-hari, informasi persediaan stock, retur penjualan dan laporan kas harian Dari segi kualitas, informasi harus dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut • Lengkap • Akurat • Relevan Kalau kita mengacu ke definisi sistem, maka sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi. Komponen Sistem Informasi terdiri dari : • Hardware, terdiri dari computer, periferal (printer) dan jaringan.

Analisis Dan Perancangan Sistem
(Systems Analysis And Design• Software, merupakan kompulan dadri perintah/fungsi yang ditulis dengan aturan tertentu untuk memerintahkan computer melaksanakan tugas tertentu. Software dapat digolongkan menjadi Sistem Operasi (Windows 95 dan NT), Aplikasi (Akuntansi), Utiliti (Anti Virus, Speed Disk), serta bahasa (3 GL dan 4 GL). • Data, merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. • Manusia, yang terlibat dalam komponen manusia seperti operator, pemimpin sistem informasi dan sebagainya. Oleh sebab itu perlu suatu rincian tugas yang jelas. • Procedur, seperti dokumentasi prosedur/proses sistem, buku penuntun operasional (aplikasi) dan teknis. Kegiatan di Sistem Informasi mencakup : • Input, menggambarkan bagaimana suatu kegiatan utnuk menyediakan data untuk diproses. • Proses, menggambarkan bagaimana suatu data dip roses untuk menghasilkan suatu informasi yang bernilai tambah. • Output, suatu kegiatan untuk menghasilkan laporan dan proses diatas tersebut. • Penyimpanan, suatu kegiatan untuk memelihara dan menyimpan data. • Control, ialah suatu aktivitas untuk menjamin bahwa sistem informasi tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 1.1.4 Sistem Informasi Manajemen Sistem informasi manajemen (SIM) menyajikan informasi untuk mendukung operasional dan fungsi pengambilan keputusan manajemen dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siapa dan kapan harus disajikan. Sistem informasi menajemen terdiri dari subsistem yaitu : • Sistem Informasi Akuntansi • Sistem Informasi Personalia • Sistem Informasi Pemasaran • Sistem Informasi Pembelian • Sistem Informasi Persediaan • Sistem Informasi Distribusi 1.1.5 Sistem Informasi Bisnis Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sistem informasi bisnis (SIB) akan kita lihat terlebih dahulu definisi dari : 

Analisis Dan Perancangan Sistem( Systems Analysis And DesignManajemen : 1. Adalah suatu proses penggunaan suber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai  sasaran. 2. Pejabat\orang yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan atau oraganisasi. Bisnis Suatu kegiatan (badan atau perorangan) memasarkan produk atau jasa dengan tujuan memperoleh laba atau secara singkat disebut juga jual beli. Walaupun inti dari bisnis yaitu jual beli, dalam pelaksanaannya suatu bisnis harus berhadapan dengan industri yang sejenis, berhadapan dengan pemasok, pelanggan, barang substitusi dan calon pesaing baru. Selain itu, lingkungan luar seperti peraturan pemerintah, pasar modal, serikat buruh, lembaga keuangan, peraturan perpajakan, bursa tenaga kerja, dan demografi sangat mempengaruhi suatu bisnis. Pada umumnya topic-topik yang membahas Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Bisnis menekankan pada pembahasan sistem informasi penjualan, akuntansi, personalia dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa sistem informasi menajemen dan sistem informasi bisnis adalah sama, karena seorang manajer pada dasarnya menjalankan suatu bisnis. Namun ada beberapa yang berbeda yaitu : • Sumber data SIB lebih dominant bersumber dari luar organisasi, sedangkan SIM dari transaksi harian organisasi. • SIB lebih dominant digunakan oleh investor dan SIM lebih ditujukan untuk manajemen agar dapat bekerja secara efisien dan efektif. Sebagai contoh, jika Anda akan memulai suatu usaha/bisnis katakanlah “komputer”, tentu Anda lebih membutuhkan informasi mengenai bisnis computer dan bukan informasi manajemen. Informasi bisnis yang Anda butuhkan berkaitan dengan Gambar 1.1 yaitu informasi tentang industri komputer (apakah telah jenuh), informasi tentangan memasuki industri tersebut (apakah padat karya,modal atau teknologi), pemasok computer (kekuatan tawar menawar), pelanggan (perkembangannya, pangsa pasar, kekuatan tawar menawar). Informasi lingkungan luar yang harus Anda peroleh seperti peratutan pemerintah yang berkaiatan dengan bisnis tersebut, dukungan lembaga keuangan untuk bisnis tersebut (apakah tersedia kredit untuk pelanggan) dan sebagainya. • SIB dapat diperoleh dari hasil penelitian, membeli dan pusat data statistic dan dari informasi-informasi lainnya. • SIM dalam menyajikan informasi penjualan berkaitan dengan target yang dicapai, perbandingan dengan anggaran, gambaran trend penjualan, Analisis Dan Perancangan Sistem( Systems Analysis And Designsedangkan SIB lebih menekankan pada berapa persen pangsa pasar yang dikuasai oleh perusahaan, berapa persen lagi yang dapat dikuasai. Bagaimana strategi dalam meningkatkan pangsa pasar. • Dari tingkatannya SIM merupakan bagian dari SIB, sedangkan SIA (Sistem Informasi Akuntansi) merupakan bagian dari SIM. 1.1.6. Sistem Analisa dan Desain. Berhubungan dengan proses analisa dan desain sistem informasi yang terdiri dari hardware. Software, data , prosedur dan manusia. Sistem analis dan desain dapat dipandang dari dua kegiatan utama yaitu : • Sistem analis adalah suatu proses utnuk memahami sistem yang ada, termasuk mendiagnosa masalah/inefisiensi dan memberikan solusi penyelesaian. • Sistem desain yaitu suatu proses mencakup perencanaan desain dan implementasi sistem yang baru. Sistem analis sebagai karier sering juga disebut Software Engineer, Sistem Analyst Programmer, Information Sistem Engineer atau Sistem Engineer. Pengetahuan yang harus dimiliki seorang sistem analis antara lain : • Pemahaman terhadap teknologi informatika (hardware dan software). • Pemahaman terhadap bisnis secara umum. • Keahlian dalam pemecahan masalah. • Keahlian dalam komunikasi antarpersonel. • Memahami metodologi pengembangan sistem informasi. 1.2 Unsur yang Terlibat dalam Pengembangan Sistem. 1.2.1 Pengguna Sistem. • User, dapat dikategorikan sebagai end-user (operator) dan user-manager yang mengawasi pekerjaan end-user. • Manajemen, memegang peranan penting dalam suatu sistem informasi termasuk menyetujui rencana pengembangan sistem dan penyediaan dana. 1.2.2 Perancang Sistem.
8
Analisis Dan Perancangan Sistem
( Systems Analysis And Design
Perancang sistem yang dimasukkan disini mencakup, analisa, desain, inplementasi dan pemeliharaan, terdiri dari : • Peroject Coordinator, merupakan orang yang bertanggung jawab agar suatu tim dapat bekerja secara harmonis dan optimal serta mengontrol agar pelaksanaan sesuai dengan rencana. • System Analyst & Design, ialah orang yang memberikan solusi dan mendesain sistem baru. • Programmer, ialah orang yang membuat program berdasarkan rancangan dari sistem analis. • Network Designer, bertanggung jawab terhadap desain suatu jaringan seperti LAN, MAN dan WAN. • Technician (Hardware), menetapkan konfigurasi-konfigurasi hardware yang tepat agar dapat bekerja secara optimal. • Database Administrator, ialah orang yang bertanggung jawab terhadap suatu sistem database, mencakup pola instruktur data, integritas data, memberikan hak akses kepada user, backup, recovery dan mengoptimalkan performa database. • Documenter, ialah orang yang membuat dokumentasi sistem, mencakup buku operasional aplikasi, teknis dan sistem. • Software Tester, tugas dari software tester ialah menjamin bahwa program aplikasi yang dibuat programmer telah sesuai dengan spesifikasi. • Graphif Desinger, dalam aplikasi yang berbasis GUI, penggunaan grafik merupakan hal yang sangat dominant. Oleh sebab itu suatu tim perlu dilengkapi dengan seorang yang memiliki keahlian dalam mendesain, misalnya untuk icon atau user interface lainnya.

1 komentar:

احمد سيف الدين mengatakan...

Tulisan yang sangat bagus dan jelas... kebetulan skripsi saya tentg IS..
Thanks

nb:
Kalau ada referensi bukunya juga lebih bagus